Kacang Hijau Cake


Kue dengan rasa khas Kacang hijau nan harum. Mudah membuatnya dengan bahan-bahan yang tidak terlalu banyak namun tetap dapat menghadirkan rasa nikmat. Meskipun Anda tidak menambahkan pewarna seperti dalam resep kali ini, tidak akan mengurangi kenikmatan rasanya.


•Bahan Isi:

200 g kacang hijau (dikupas)
125 g gula pasir
½ sdt vanili bubuk
250 ml air
1 lembar daun pandan
3 sdm minyak goreng

•Kulit:

150 g tepung ketan
125 ml santan dari setengah butir kelapa (dihangatkan)
50 g gula pasir
¼ sdt garam
Pewarna merah dan hijau, secukupnya


•Cara membuat:

1. Isi; rendam kacang hijau kupas selama ± 2 jam, tiriskan dan cuci bersih. Kukus hingga lunak dan haluskan. Didihkan air dengan gula pasir dan daun pandan, masukkan kacang hijau dan vanili bubuk, masak hingga menjadi kalis, angkat dan dinginkan. Bagi menjadi 30 bagian, sisihkan.
2. Kulit; campur tepung ketan, gula pasir dan garam, tuangkan santan hangat sedikit demi sedikit dan uleni hingga menjadi adonan yang dapat dibentuk, bagia menjadi dua bagian dan beri pewarna hijau dan merah, masing-masing dibagi menjadi 10 bagian.
3. Tahap akhir; siapkan cetakan kue ku, olesi dengan minyak goreng, ambil satu adonan, tekan-tekan dalam cetakan, isi dengan satu bagian isian, rekatkan, balik, beri alas potongan daun pisang. Kukus selama ± 10 menit, angkat.


2 komentar:

Benny mengatakan...

wah jadi laper nich, mau donk pesen satu..!! hehe.

thank ya, udh bagi resep kuenya.!

koki-masakan-resto mengatakan...

ok d kk Benny ... nanti resepnya akan saya tambah lagi biar lebih makkyuss ...