Kismis Hias Gula Cake


Anggur hitam kecil-kecil yang sudah dikeringkan yang biasa kita sebut dengan Kismis ternyata berasal dari Yunani, konon berkhasiat guna mengoptimalkan IQ, mengasah kemampuan memory dan menguatkan daya ingat seseorang jika dikosumsi secara teratur. Hal ini disebabkan oleh Fluktosa dan Glukosa yang mengandung kadar gula tinggi pada kismis.


Perlu juga diketahui kismis juga mengandung 2% protein dan lemak, serta kalori. Setiap 1 pound (454 gram) kismis terkandung 850 gram kalori. Pemilahan kismis untuk makanan atau sebagai bahan penghias kue, salad dan puding di Yunani sangatlah selektif. Karena kismis haruslah berasal dari buah anggur hitam yang tidak berkerut, banyak dagingnya, dengan bentuk bulat berisi berwarna biru kehitaman. Sedangkan yang berwarna merah biasanya tidak diolah menjadi kismis karena terlalu asam dan dapat merusak cita rasa dari makanan atau kue itu sendiri.


•Bahan:

200 g margarin
200 g gula pasir halus (castor)
½ sdt vanili bubuk
6 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya
250 g tepung terigu (diayak)
1 sdt baking powder
300 g kismis (rendam selama ± 10 menit)


•Gula hias:

putih telur 1 butir
100 g gula bubuk
1 sdt cuka masak
1 sdt esens (jeruk)


•Cara membuat:


1. Siapkan loyang segi-empat panjang berukuran 19 x 9 x 5cm, olesi dengan margarin dan taburi dengan tepung, sisihkan. Panaskan dandang, tutup dandang dan alasi dengan serbet.
2. Kocok margarin bersama gula pasir dan vanili hingga mengembang.
3. Masukkan kuning telur satu persatu dan terus kocok hingga mengembang. Masukkan tepung terigu dan baking powder, aduk rata, tambahkan buah dan rendamannya, aduk rata.
4. Kocok putih telur hingga mengembang dan campurkan kedalam adonan telur, aduk rata.
5. Tuangkan adonan kedalam loyang, kukus selama ± 30 menit atau hingga matang, angkat dan hilangkan uap panasnya.
6. Gula hias; kocok putih telur dengan kecepatan tinggi, masukkan gula bubuk sedikit demi sedikit, setelah mengembang kaku masukkan cuka masak dan esens jeruk , aduk rata.
7. Hiasi kue dengan gula hias, potong menurut selera dan sajikan.



Tidak ada komentar: